Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » BPKN Sosialisasi Pengaduan Sengketa Jasa Keuangan

BPKN Sosialisasi Pengaduan Sengketa Jasa Keuangan

(634 Views) March 18, 2016 8:18 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Persoalan jasa keuangan atau pembiayaan mendominasi perkara sengketa konsumen yang saat ini sering terjadi di hampir seluruh kota di Indonesia. Hal tersebut terjadi, salah satunya akibat ketidaktahuan konsumen mengenai hak-hak yang semestinya harus dilindungi.

Soemali, SH M Hum

Soemali, SH, M.Hum

Anggota Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Pusat, Soemali, SH.M.Hum mengatakan, setidaknya ada sekitar 200 pengaduan sengketa konsumen yang masuk ke BPKN, dan semua aduan itu merupakan perkara jasa keuangan, khususnya pembiayaan kendaraan bermotor dan rumah.

“Pengaduan yang masuk ke BPKN mayoritas kasus perbankan dan lembaga finance,dan konsumen selalu menjadi korban” Ungkap Soemali saat dikonfirmasi Memorandum,usai memberikan paparan sosialisasi fasilitasi penyelesaian permasalahan pengaduan konsumen melalui BPSK, Kamis (17/03/2016) di Aula Hotel Ikhtiar Surya Banyuwangi.

Menurut Dosen Fakultas Hukum Universitas Narotama ini, permasalahan jasa keuangan ini, mayoritas pengaduan disebabkan karena minimnya pengetahuan masyarakat pada produk jasa keuangan, ditambah lagi, petugas bank atau Finance tidak memberikan cukup banyak informasi kepada para calon nasabah. “Petugas Bank atau Finance tidak memberikan penjelasan secara benar kontrak dengan konsumen” Imbuhnya.

Maka dari itu, Kami berharap masyarakat mempunyai keberanian untuk mengadu, karena sebenarnya hak mereka dilindung oleh Undang-Undang. Bila konsumen merasa dirugian oleh sebuah produk atau layanan jasa yang dibelinya, mereka bisa langsung komplai kepada pelaku usaha. Kalau tidak menemukan solusi, konsumen bisa mengadukan ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) di daerahnya.

Sementara itu, Ketua BPSK Kabupaten Banyuwangi, Taufik Rohman, M.Si menyampaikan, saat ini BPSK   Banyuwangi telah dapat menerima pengaduan masyarakat atau konsumen yang merasa dirugikan. Sedangkan pengaduan yang dapat diterima BPSK menyangkut, produk atau barang yang tidak memenuhi standart, informasi yang mengelabui, cara menjual yang merugikan, cidera janji dan klausula baku. Penyelesaian di BPSK hanya pada kasus Perdata yang dialami konsumen atas kelalaian pelaku usaha melalui proses, konsiliasi,mediasi dan arbitrase. Keputusan BPSK bersifat final dan mengikat, atau dengan kata lain, wajib dan harus dipatuhi oleh para pihak yang bersengketa. (ydi)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for BPKN Sosialisasi Pengaduan Sengketa Jasa Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*