February 18, 2018

BPK Apresiasi Inisiatif Audit Pemkab Banyuwangi

BANYUWANGI – Setelah Pemkab Banyuwangi meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit khusus pada proyek infrastruktur, BPK menyatakan hasilnya cukup bagus. Sejumlah pembangunan mega proyek di Banyuwangi, dinilai BPK tidak ditemukan penyimpangan yang berarti.

Hal ini diungkapkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di hadapan sejumlah media setelah menerima hasil audit. Mengutip apa yang disampaikan Kepala BPK Perwakilan Surabaya Muzakkir, Bupati Anas mengatakan hasil audit BPK atas sejumlah proyek pembangunan fisik di Banyuwangi cukup memuaskan. “Hanya sekitar satu persen yang perlu perbaikan, begitu pun yang proyek-proyek besar juga hanya satu persen yang  diperbaiki,” kata Bupati Anas.

Hasil audit khusus ini, kata Bupati Anas, cukup melegakan pemkab Banyuwangi. Pasalnya, Banyuwangi tengah membangun banyak proyek besar, seperti bandara, wisma atlit, GOR, dan stadion, yang nilainya tidak sedikit, semua di atas satu milyar. “Memang ada sejumlah kesalahan kecil, termasuk denda-denda yang belum terbayar. Tetapi kita diberi waktu 60 hari untuk menyelesaikan,” ujar Anas.

Selain audit khusus terhadap sejumlah proyek infrastruktur, BPK juga diminta melakukan pemeriksaan pada kegiatan Banyuwangi Festival. Hasilnya, BPK juga menilai sama. “Justru mereka mengapresiasi inisiatif kita untuk melakukan audit ini, mereka juga mengapresiasi kita dalam menggelar Banyuwangi Festival. Bagaimana kita bisa menggelar even untuk menjual daerahnya, yang pendanaannya bergandengan dengan pihak luar,” ujar Bupati Anas.

Sebelumnya, Pemkab Banyuwangi meminta BPK turun ke Banyuwangi untuk melakukan audit khusus. Audit yang dimulai sejak pertengah November tahun lalu ini dilakukan pada sejumlah proyek fisik yang nilainya besar.

Selain untuk menghindari penyimpangan, lanjut Bupati Anas, audit ini penting agar BPK bisa memberikan rekomendasi sebelum tahun anggaran berakhir. BPK bisa mengecek langsung kesesuaian antara spesifikasi bangunan yang tertuang dalam kontrak kerja dan kondisi yang ada di lapangan. (Humas Protokol)

banner 468x60