February 13, 2018

Beras Organik Poktan Mendo Sampurno Tembus Mancanegara


Produk Beras Organik Poktan

Banyuwangi, Memorandum – Kelompok Tani (Poktan) Mendo Sampurno di Desa Sumberbaru, Kecamatan Singojuruh, namanya kian melejit seiring produk-produk beras organik yang dihasilkannya. Tercatat, ada 20 jenis padi organik lokal yang dikembangkan melalui plasma nutfah, yang dikembangkan oleh Poktan ini.

Ketua Poktan Mendo Sampurno, Samanhudi, menjelaskan, produk beras organic yang dihasilakannya merupakan produksi dari hasil persilangan jenis padi lokal dengan perhitungan berdasar ketinggian. Dengan metode System of Rice Intensification (SRI), sekali panen bisa mencapai 9 ton per hektar.

Samanhudi menjelaskan, dari hasil panen raya yang ia lakukan terdapat 20 jenis padi organik lokal, 16 di antaranya merupakan beras merah dan 4 jenis beras hitam. Jenis padi lokal tersebut dinamai dengan beberapa nama lokal Banyuwangi seperti, Kaliweni, Kalibaru, Watudodol, dan Watukebo.

Sedangkan produk siyang dihitung berdasar ketinggian, di ketinggian 0-100 meter/dpl bisa dihasilkan 9 ton/hektar, 100-200 meter/dpl mencapai 7 ton/hektar. Sementara di ketinggian 200-900 meter/dpl mencapai 4.5-5,5 ton/hektar. “Aeal pertanaman padi organik kini mulai meluas mencapai 70 hektar diantaranya, di Kecamatan Kalibaru, Glenmore, Sempu, Genteng, Singojuruh, Kabat dan Licin,” kata Samanhudi.

Produk Beras Organik Poktan1

Samanhudi yang juga menjadi Ketua Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Sirtanio ini menambahkan, untuk harga beras`merah saat ini berkisar antara Rp. 22.000,- hingga Rp. 25.000, sementara beras hitam bisa mencapai Rp. 25.000. “Dari hasil tersebut, dipastikan akan meningkatkan kesejahteraan petani,” ungkapnya.

Menurut Samanhudi, hampir setiap bulan Poktan Mendo Sampurno kewalahan memenuhi permintaan beberapa pasar dari dalam dan luar negeri. Di dalam negeri saja mangsa pasar tersebar di Bali, Bogor dan Jakarta, sementara untuk pasar ekspor mayoritas dikirim ke China, Amerika Serikat, Belanda dan Qatar. “Dari 8 merk yang kita miliki, kelompok petani Mendo Sampurnojuga memenuhi permintaan dari PT. Healthy Choices Jakarta yang di ekspor ke Amerika dengan rata-rata pengiriman mencapai 3-4 ton per bulan,” pungkasnya. (fat)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

banner 468x60