Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Belasan Tahun Tak Tersentuh, Warga Secang Aspal Jalan Secara Swadaya

Belasan Tahun Tak Tersentuh, Warga Secang Aspal Jalan Secara Swadaya

(109 Views) November 13, 2017 9:06 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI – Ditengah promosi wisata dan pembangunan Banyuwangi yang begitu hebat, ternyata ada wilayah yang sudah belasan tahun tidak tersentuh pembangunan jalan. Saking bosannya menunggu, akhirnya warga menggalang iuran untuk mengaspal jalan.

Adalah warga Lingkungan Secang, Kelurahan/Kecamatan Kalipuro, yang terpaksa untuk melakukan pengaspalan jalan secara swadaya. Inisiatif pengaspalan jalan secara swadaya ini datang dari ustad Khusaini. Dia adalah pengasuh Pondok Pesantren Nurul Amin yang berada di wilayah itu. “Saya kasihan banyak warga dan murid-murid yang jatuh saat melintas di jalan ini,” ujarnya kemarin (13/11).

Menurut pria yang juga ketua yayasan Nurul Amin ini, sebenarnya dalam musrenbang sudah sering kali diusulkan untuk pembangunan jalan tersebut. Tapi selalu kandas di tingkat kabupaten. Bahkan kabar terakhir, Camat Kalipuro sempat menyampaikan jalan akan dibangun dengan dana sebesar Rp 300 juta. Tapi hingga saat ini belum ada kejelasan. Menurutnya, terakhir jalan itu dibangun pada tahun 2002.

Untuk itu, Ustad Khusaini berkoordinasi dengan beberapa ketua RT untuk menggalang iuran pembangunan jalan secara swadaya. Tidak hanya warga, guru sekolah dan wali murid sekolah Ibrahimy yang berada dibawah yayasannya juga dimintai sumbangan seikhlasnya. “Aspal sudah kita beli, Insya Alloh besok sudah kita aspal dengan dana murni swadaya masyarakat,” tegasnya.

Sejumlah warga, santri, dan pelajar dibawah Yayasan Nurul Amin dikerahkan membersihkan jalan yang akan diaspal. Mereka bahu membahu menata batu di ruas jalan yang akan diaspal. “Untuk tahap awal yang diaspal sepanjang 275 meter, sisanya akan dilakukan secara bertahap,” bebernya.

Salah seorang siswi yang pernah terjatuh mengaku trauma melintas di jalan tersebut. Karena seringnya terjatuh dia memilih mondok di Pesantren agar tidak setiap hari melintasi jalan itu. “Saya sudah seringkali jatuh saat lewat di jalan ini, makanya saya memilih tinggal di Pesantren,” ujar Susi Fatmawati, salah seorang pelajar yang setiap hari melewati jalan itu menuju ke sekolahnya.

Reporter : Hujaini

Source : https://www.beritarakyat.id/belasa-tahun-tak-tersentuh-warga-secang-aspal-jalan-secara-swadaya.html

Categorised in:

No comment for Belasan Tahun Tak Tersentuh, Warga Secang Aspal Jalan Secara Swadaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*