February 14, 2018

Banyuwangi Siap 90 Persen Jadi Tuan Rumah Tunggal Porprov

Banyuwangi  – KONI Banyuwangi membantah jika dinilai tidak siap menjadi tuan rumah tunggal dalam even Porprov Jatim ke V yang akan dihelat pada tanggal 6 sampai 13 Juni 2015 ini.

Bahkan menurut tim teknis Porprov Jatim yang disampaikan ke Ketua KONI Banyuwangi, Bambang, kabupaten di ujung Pulau Jawa itu justru sudah siap 90 persen sebagai tuan rumah meski ada beberapa catatan mengenai kekurangan fasilitas pada beberapa venues.

“Pada dasarnya penilaian secara umum dari Ketua Tim Teknis Porprov Jawa Timur yang dipimpin Wakil Ketua Umum KONI Jawa Timur, Bapak Sucipto, persiapan yang sudah dilakukan Banyuwangi sudah mencapai 90 persen, tinggal melengkapi fasilitas pada beberapa venues saja. Seperti pada Stadion Diponegoro, akan ditambah lampu dan penggantian rumput, penambahan toilet pada beberapa penginapan. Dan semuanya sudah kami kerjakan,” jelasnya kepada beritajatim.com, Rabu (28/01/2015).

Sementara kabar bahwa Banyuwangi terancam gagal menjadi tuan rumah tunggal dalam perhelatan Porprov ini, Bambang dengan tegas menyangkal. Karena ketidaksiapan Banyuwangi dalam hal akomodasi seperti yang diberitakan sebelumnya, sudah dijawab oleh panita. Seperti keluhan tentang jumlah penginapan atau hotel untuk para atlet dan official, kemudian jumlah Venues, kini sudah dipersiapkan.

“Semuanya sudah siap bahkan mungkin lebih baik dari Porprov sebelumnya, karena kita memiliki 62 Hotel dengan total kamar ada 2.315 kamar dan mampu untuk menampung 8.201 orang. Sedangkan jumlah atlet dan official yang akan datang ke Banyuwangi ada 8.111 orang, jadi kita masih memiliki sisa hampir 100 space. Kemudian jarak antara penginapan dengan venues berdasarkan standar aturan maksimal 40 KM dalam waktu tempuh paling lama 1 jam, tapi kita maksimal hanya 17 KM, dan paling lama setengah jam. Sedangkan untuk lalu lintas yang padat, para atlet nanti akan kita kawal dengan patwal,” jelasnya.

Bambang menambahkan untuk jumlah venues dari 35 cabang olahraga yang akan dilombakan, semuanya sudah ada di Banyuwangi dan layak digunakan. Hanya saat, kunjungan tim teknis provinsi kemarin ada beberapa venues yang memang sedang melakukan proses perbaikan. Bahkan mengenai adanya catatan kekurangan, kini masih sedang proses penyelesaian dan ditarget bulan Mei telah rampung.

“Semua venues dari 35 cabor ada di Banyuwangi, baik di daerah kota maupun di Banyuwangi Selatan sudah tersedia. Adanya catatan tentang beberapa venues kemarin, kami sedang melakukannya seperti perpanjangan kolam renang sesuai keabsahan sepanjang 53 meter, lintasan atletik di GOR ditambahkan grafel 10x400m bongkar pasang gawang, semuanya kami lakukan melalui anggaran APBD Banyuwangi, dan semuanya akan ditargetkan selesai pada bulan Mei,” pungkasnya. [rifq/kun](beritajatim.com)

banner 468x60