Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Azwar Anas Percaya Keistimewaan Anak

Azwar Anas Percaya Keistimewaan Anak

(244 Views) April 4, 2017 5:42 pm | Published by | No comment

– Bupati H Abdullah Azwar Anas, bersama para pemusik cilik. (Foto; Istimewa)

Banyuwangi, Memorandum – Bupati H Abdullah Azwar Anas menyatakan, tidak semua anak harus pandai matematika. Karena setiap anak mempunyai keunggulan masing-masing. Demikian ditegaskan oleh Bupati H Abdullah Azwar Anas, terkait pelaksanaan Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) tingkat SD/MI se-Banyuwangi, yang baru saja usai, kemarin. ”Jangan lantas ketika anak itu kurang dalam hal matematika, lalu dimarah-marahi dan dianggap bodoh,” kata Bupati Anas, kepada wartawan.

Bupati Anas menegaskan bahwa kecerdasan itu bersifat majemuk. Ada yang pandai terkait bahasa, logika, intra-personal, inter-personal, musikal, visual dan spasial, dan lain-lain.

”Kita harus percaya bahwa setiap anak adalah anak yang istimewa. Mereka semua juara. Setiap anak punya kecerdasan yang khas. Kan ada macam-macam itu kalau kita merujuk ke konsep Multiple Intelligences,” paparnya.

Anas mengatakan, semua jenis kecerdasan itu bersifat sama dan tidak lebih tinggi satu sama lain. ”Dan saya yakin setiap anak pasti memiliki kecerdasan khas yang menonjol jika diberi kesempatan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Anas meminta kepada para siswa yang tidak ikut serta dalam olimpiade matematika dan sains untuk tidak berkecil hati. ”Mungkin tidak terpilih ikut olimpiade ini karena pandai di bidang sastra, olahraga, dan sebagainya. Juga masih ada banyak olimpiade non-matematika. Jadi jangan patah arang,” kata ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur itu.

Bupati Anas menambahkan, di era kompetisi global saat ini, pendidikan yang berkualitas harus hadir tidak semata-mata dengan pendidikan yang penuh materi pelajaran, tapi juga bisa membangkitkan daya kreativitas anak melalui model pembelajaran yang fun. ”Maka kami dorong sekolah-sekolah untuk sekreatif mungkin melakukan pembelajaran, bisa terjun ke lokasi pemerahan susu sapi, pantai, bertemu warga dan berbincang,” pungkasnya. (bud/hum)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Azwar Anas Percaya Keistimewaan Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*