Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Antusias Sedekah Tinggi, Ponpes Darul Qur’an Segera Berdiri di Banyuwangi

Antusias Sedekah Tinggi, Ponpes Darul Qur’an Segera Berdiri di Banyuwangi

(942 Views) August 7, 2014 9:33 am | Published by | No comment

BANYUWANGI – Setelah menghadirkan Aa Gym, sapaan akrab KH Abdullah Gymnastiar untuk memberikan suntikan kalbu kepada ribuan guru dan tenaga medis, Pemkab Banyuwangi kembali menghadirkan Ustad (Ust) Yusuf Mansur, untuk memberikan motivasi dan tausiyah sedekah kepada seluruh PNS se Kabupaten Banyuwangi.

Tausiyah yang dikemas dalam acara Halal bihalal Idul Fitri 1435H digelar di Taman Blambangan Rabu (6/8) ini dihadiri ribuan PNS, dan aparat desa. Meski telah memberikan ceramah pada 31 Desember lalu, animo masyarakat menghadiri tausiyah ustad sedekah ini tetap tinggi. Banyak masyarakat umum yang ikut dalam pengajian tersebut.

Segala apa yang disampaikan ustad muda ini seolah mampu menginspirasi hati ribuan yang hadir untuk tetap optimis bermunajat pada Allah Yang Maha Kuasa. Bahkan saat diajak berdoa oleh Ust Yusuf Mansur, hampir semua yang hadir meneteskan airmata dengan harapan doa dan pengharapannya dikabulkan.

Selain memberikan tausiyahnya, Ust Yusuf Mansur di sesi akhir acara juga mengajak masyarakat untuk bersedekah. Tak disangka, antusias masyarakat menyedekahkan hartanya sangat tinggi. Mulai dari perhiasan emas, uang, hingga motor dan tanah.

Saat awal membuka sedekah perhiasan, empat orang perempuan langsung maju menyedekahkan gelang dan cincin yang saat itu dipakainya. Setelah empat orang tersebut, langsung diikuti ratusan perempuan lain yang secara spontan menanggalkan perhiasan yang diapakainya untuk disedekahkan. Tak lain karena ustad sedekah tersebut mengumumkan hasil sedekah hari ini akan digunakan untuk pembangunan pondok pesantren internasional Darul Quran di Banyuwangi.

“Sedekah yang bapak ibu berikan di hari ini tidak kami bawa pulang seperak pun, sedekah ini akan kami buat murni untuk membangun Pondok Pesantren Internasional Darul Qur’an di Singojuruh, Banyuwangi. Semoga Allah memberikan balasan yang berlipat di dunia dan di akherat,” kata Uts Yusuf Mansur sambil terbata.

Bukan itu saja, saat Ustad menawarkan sedekah mobil dan sepeda motor, untuk pembangunan pesantren, puluhan PNS juga maju ke depan untuk merelakan kendaraannya disedekahkan. Yang menajubkan lagi, sejumlah warga yang tidak mau disebutkan namanya mewakafkan tanahnya untuk program Pondok Pesantren Internasional Darul Qur’an. Total sedekah yang terkumpul sebanyak Rp 170,9 juta, dan perhiasan emas terdiri dari 153 cincin, 7 buah kalung, anting 27 pasang dan 5 gram emas batangan.

Sebelumnya, Ustad Yusuf Mansur memang tengah membuat program Seratus Pondok Pesantren Darul Qur’an di seluruh wilayah tanah air. Melihat antusias masyarakat Banyuwangi yang sangat tinggi untuk bersedekah, akhirnya Ust Yusuf Mansur menjadikan Banyuwangi sebagai kabupaten pertama dalam program seratus pondok ini. Pondok pesantren Darul Quran yang akan berdiri di Singojuruh Banyuwangi ini akan menempati lahan seluas 5 hektar lebih, hasil wakaf warga Banyuwangi.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa pendirian ponpes bertaraf internasional di Banyuwangi ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM di Banyuwangi. “Peningkatan SDM tidak hanya lewat diklat formal, namun kita juga berencana para abdi negara ini akan kita motivasi spiritualnya juga. Selain tentunya untuk masyarakat diberikan opsi pendidikan agama,” kata Bupati Anas.

Ust Yusuf Mansur yang hadir sehari sebelumnya, juga meninjau lokasi calon ponpes yang mencetak para hafidz dan hafidzah ini. Sekaligus meninjau lokasi Rumah Tanfidz yang saat ini telah ada di Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng. (Humas Protokol-banyuwangikab.go.id)

Categorised in: ,

No comment for Antusias Sedekah Tinggi, Ponpes Darul Qur’an Segera Berdiri di Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*