February 19, 2018

33 Penderita Katarak Jalani Operasi Gratis

Baksos HDCI (7)

Banyuwangi, Memorandum – Puluhan warga Banyuwangi yang menderita penyakit katarak menjalani operasi secara gratis Sabtu (21/5) lalu. Biaya operasi seluruhnya ditangggung Polres Banyuwangi bersama Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Jawa Timur. Operasi katarak gratis ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka hari Bhayangkara ke-70 dan bakti sosial para biker yang tergabung dalam HDCI Jawa Timur.

Menurut Kapolres Banyuwangi, AKBP Budi Mulyanto, ada 168 orang yang mendaftar untuk mengikuti operasi katarak gratis ini. Namun setelah melalui pemeriksaan medis hanya 33 orang yang memenuhi syarat untuk dilakukan operasi. “Karena kondisi fisik dan psikis yang lainnya tidak bisa dilakukan operasi,” jelas Budi Mulyanto dalam pembukaan acara tersebut di gedung Bhayangkara.

Dijelaskannya, 33 peserta operasi katarak gratis itu umumnya sudah lanjut usia. Rata-rata usia mereka berkisar antara 60 sampai dengan 75 tahun. Mereka mulai menjalani operasi sejak pukul 09.00 WIB pagi.

Lulusan Akademi Polisi tahun 1997 ini memberikan apresiasi kepada para anggota HDCI Jatim yang sudah memberikan donasi. Sehingga kegiatan bakti sosial dalam bentuk operasi katarak gratis tersebut bisa terselenggara. “Di balik kesangarannya, anggota HDCI memiliki solidaritas dan jiwa belas kasih yang sangat tinggi serta peduli nilai sosial,” ujarnya.

Mantan Kapolres sampang ini menyatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka menyambut hari ulang tahun Bhayangkara yang ke-70. Kegiatan ini, menurutnya  juga untuk menampung aspirasi HDCI Jawa Timur yang ingin membantu operasi untuk para penderita katarak di Banyuwangi. “Sesuai keinginan masyarakat, kami akan melaksanakan kegiatan ini setiap tahun, selain itu akan dilakukan kegiatan sosial lainnya secara rutin,” janjinya.

Acara itu sendiri dihadiri sekitar 70 anggota HDCI Jawa Timur. Mereka mereka merupakan perwakilan dari HDCI dari beberapa daerah seperi Surabaya, Malang, Kediri, Madiun dan Banyuwangi.  Dalam pembukaan acara itu Kapolres dan Pengurus HDCI sempat bertukar cindera mata. HDCI juga memberikan bantuan dua unit pendingin ruangan kepada pihak RSUD Blambangan yang mendukung kegiatan itu.

Mewakili Ketua HDCI Jawa Timur, Ketua HDCI Surabaya, Toni Wahyudi, menyatakan, kegiatan bakti sosial ini merupakan kegiatan yang sudah rutin dilakukan para penunggang kuda besi buatan Amerika itu. Menurutnya, HDCI setiap dua bulan sekali selalu melaksanakan kegiatan bakti sosial. Dana yang digunakan seluruhnya berasal dari anggota HDCI. “Dananya murni dari uluran tangan anggota HDCI,” jelasnya singkat.

Suroso, salah satu penderita katarak yang ikut dalam operasi katarak gratis itu memberikan apresiasi kepada Polres Banyuwangi dan anggota HDCI. Penderita katarak seperti dirinya sangat terbantu dengan kegiatan seperti itu. “Kami berterima kasih sudah bisa menjalani operasi secara gratis,” ujarnya.

Setelah acara pembukaan, Kapolres Banyuwangi bersama Wakapolres Kompol M. Yusuf Usman serta para rombongan rider Harley Davidson menyempatkan diri datang ke RSUD Blambangan . Di sana mereka menyapa para peserta operasi katarak gratis.

Rombongan juga melihat pelaksanaan operasi katarak di ruang operasi selama beberapa menit. Setelah melihat pelaksanaan operasi, Kapolres dan ketua HDCI menyempatkan diri berbincang dengan beberapa orang yang sudah selesai menjalani operasi. “Semoga cepat sembuh ya,” kata Kapolres dan Toni Wahyudi sambil menjabat tangan salah seorang pria yang sudah menjalani operasi.(jai/*)

Baksos HDCI (9)

Baksos HDCI (8)

Baksos HDCI (6)

Baksos HDCI (4)

Baksos HDCI (3)

Baksos HDCI (2)

Baksos HDCI (1)

  • Rangkaian Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis Polres Banyuwangi Bersama Harley Davidson Club Indonesia (HDCI). Kapolres AKBP Budi Mulyanto bersama Ketua HDCI Surabaya Tony  Wahyudi serta pengurus dananggota HDCI dalam rangkaian kegiatan Baksos. Mulai pembukaan, sampai pelaksanaan. AKBP Budi Mulyanto berdialog dengan salah satu penerma manfaat Baksos Operasi Katarak. Tampak suasana antri para peserta Baksos Operasi Katarak Gratis. 

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

banner 468x60