Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PARIWISATA » Menikmati wisata bawah laut di Banyuwangi

Menikmati wisata bawah laut di Banyuwangi

(1761 Views) January 26, 2015 8:23 am | Published by | No comment
Terumbu karang banyuwangi pantai bangsring

Terumbu karang banyuwangi pantai bangsring

Banyuwangi – Menikmati wisata bawah laut di Banyuwangi, kenapa tidak? Di Dusun Krajan Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, juga ada wisata bawah laut yang saat ini dikelola oleh kelompok nelayan.

Bangsring Underwater (Bunder) ini mulai dibuka bulan Agustus tahun 2014. Disini wisatawan bisa melihat keindahan terumbu karang yang masih asli. Selain itu juga ada terumbu karang yang baru ditanam di wilayah selat Bali ini.

Selain terumbu karang, banyak ikan hias yang ada berenang mengitari coral yang hidup di perairan tersebut.

“Ada soothing coral dan tough coral yang ada di perairan Bangsring. Kita jaga dan kita tambah dengan menanam kembali terumbu karang disekitarnya,” ujar Ikhwan Arif, ‎ketua kelompok nelayan Samudera Bakti, pengelola Bunder, kepada detikcom, Minggu (25/1/2014).

Luasan terumbu karang di Bangsring ini, kata Ikhwan, sekitar 15 hektar. Terumbu karang ini masuk zona perlindungan bersama dari masyarakat dan pemerintah. Sehingga terjaga dari kerusakan.

Wisatawan bisa melakukan snoorkling di area zona perlindungan yang sudah dijaga selama 6 tahunan ini.

“Kami lebih ke konservasi alam. Untuk masuk tidak diwilayah ini tidak kita tiketkan. Asal bisa menjaga kebersihan pantai dan perairan sekitar Bunder,” tambahnya

Wisatawan bisa saja berkeliling dengan boat dan singgah di rumah apung. Dengan ukuran 27×7 meter rumah singgah ini sangat unik. Ada 3 bangunan selayaknya gubuk dan ada 2 toilet. Selain itu ada 4 kerambah berukuran 3×3 meter yang berisi ikan hias, lobster hiu dan kerapu.

bangsring underwater

“Ini untuk pembelajaran bagi masyarakat jenis-jenis ikan dan isi perairan ini. Kami sering mengadakan pelatihan untuk umum,” tambahnya.

Selain pelatihan, ungkap Ikhwan, pihaknya juga mengajak masyarakat dan siapapun yang mau menanam terumbu karang. Pihaknya menyiapkan media khusus dari paralon yang kemudian ditempeli koral yang diikat.

“Untuk penanaman terumbu karang kita kenakan biaya seikhlasnya. Untuk biaya media paralon dan pengambilan bibit terumbu karang,” pungkasnya.

news.detik.com

Categorised in:

No comment for Menikmati wisata bawah laut di Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*