February 17, 2018

Sinterklas Tanam Terumbu Karang

sinterklasBANYUWANGI – Menyambut Natal dan Tahun Baru 2015, Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) bersama Jawa Pos Radar Banyuwangi yang didukung Kelompok Nelayan Samudera Bakti melakukan penanam terumbu karang di Pantai Boom kemarin(16/12). Yang menanam terumbu karang adalah penyelam yang mengenakan kostum sinterklas. Aksi peduli lingkungan laut itu juga didukung Kelompok Nelayan Kampung Mandar Banyuwangi, dan para siswa SMPK santo Yusuf dan SMK Hikmah Mandala.

 Menanam terumbu karang, kegiatan tersebut juga di isi dengan pelepasan tukik ke tengah laut. Aksi sinterklas di Pantai Boom itu diawali penyuluhan tentang penyu dan terumbu kalang di amphitteater Pantai Boom pukul 09.00. Jawa Pos Radar Banyuwangi, BSTF, dan Kelompok Nelayan Samudera Bakti, bergantian memberikan penyuluhan kepada para siswa yang hadir. Setelah paparan, para pelajar tersebut praktik menanam terumbu karang yang dipandu Ketua Kelompok Nelayan Samudera Bakti, Ikhwan Arief. Para pelajar tampak antusias mengikuti kegiatan itu.

Mereka juga rela berjalan kaki sambil mengusung terumbu dari kawasan amphitheater menuju dermaga muara Pantai Boom. Selanjutnya, sinterklas bersama beberapa relawan BSTF, Jawa Pos Radar Banyuwangi’, dan kelompok nelayan Kampung Mandar berlayar dari dermaga menuju spot terumbu someler lepas Pantai Boom Sebelum menyelam, Teguh Siswanto yang mengenakan kostum sinterklas itu melepas tukik jenis olive tuartle atau penyu lekang. “Biasanya sinterklas itu memberi hadiah kepada anak-anak yang berprestasi menjelang Natal seperti ini.

Namun, kali ini sirterklas memberikan pengetahuan tentang pelestarian penyu dan terumbu karang kepada anak-anak,” kata Pendiri BSTF; Wiyanto Haditanojo. Wiyanto mengatakan, kegiatan menyambut datangnya Natal dan Tahun Baru 2015 itu sebagai wujud pelestarian laut di Pantai Boom. Sebab, saat ini kondisi lermnbu karang di pantai Boom sudah sangat rusak. “terumbu karang ini merupakan tempat hidup dan berkembang biak. Semakin baik kondisi terumbu karang maka akan semakin beragam dan melimpah,” kata pria yang akrab disapa Wiwit itu.

Wiwit menambahkan, penanaman terumbu karang di Pantai Boom itu berguna bagi kelangsungan hidup penyu. “Penyu itu memanfaatkan terumbu karang sebagai tempat berlindung dan mencari makan. Semakin banyak penyu yang berlindung di terumbu karang juga makin besar peluang penyu bertelur? jelasnya. Selain itu, kata Wiwit terumbu karang yang bagus juga bisa dijadikan tempat berlindung tukik-tukik dari serangan ikan-ikan besar. “Peluang hidup tukik sangat kecil sekali. Dari seribu ekor tukik yang dilepas, biasanya hanya satu ekor yang bertahan hidup ilngga dewasa.” tambahnya. (radar)

banner 468x60